Email merupakan sesuatu yang penting yang harus dimiliki setiap orang ketika akan berinteraksi di dunia maya. Fungsi utama dari email adalah untuk mengirim dan menerima surat elektronik (electronic mail) secara online.
Akan tetapi tanpa memiliki email kemungkinan kita tidak mungkin bisa melakukan daftar akun-akun yang lain (seperti Facebook
atau Twitter), walaupun akun Facebook bisa menggunakan nomor telpon.
Ketika pertama kali melakukan pendaftaran email, kita diharuskan mengisi form yang telah disediakan termasuk menentukan ID, Password dan mengisi form Pertanyaan Kemanan.
Setelah berhasil terdaftar dengan otomatis kita telah memiliki ID (identitas) dan Pasword (melindungi akun, bersifat rahasia).
ID dan Password inilah yang nantinya kita gunakan untuk login.
Oleh karena itu ID dan Password harus selalu kita ingat dan “JANGAN SAMPAI LUPA”. Bagaimana jika kita tidak bisa mengakses akun email, yang diakibatkan lupa ID, Password dan Pertanyaan Rahasia…? Pernahkan Anda mengalaminya…?
Kali ini saya akan coba berbagi Pengalaman Berharga dalam mengatasi lupa
Password dan Pertanyaan Rahasia…, tapi sebelumnya saya akan ceritakan
kronologi pengalaman ini.
Pada tanggal 11 Januari 2013 yang lalu, saya diminta memecahkan masalah teman dan kakak saya, dimana email mereka sudah lama tidak dibuka, pertama-tama saya coba memulihkan dengan opsi “forgotten password”.
Akan
tetapi saya disuguhi pertanyaan (security question), setelah dicoba
beberapa kali menjawab pertanyaan tersebut, akan tetapi pertanyaan
tersebut tidak bisa saya jawab, karena sang pemilik akun pun sudah lupa
jawabannya. Dan saya pun disuruh menunggu 12 jam untuk bisa mencoba
lagi… Bingunglah jadinya, hehe…
Pada hari berikutnya saya coba lagi langkah yang sama, hasilnya tetap NIHIL… Akhirnya saya mencoba mencari jawaban pada Mr.Google, awalnya saya menemukan cara heck, akan tetapi saya tidak percaya, karena logika saya berkata, tidak mungkin sekelas Yahoo bisa di bobol oleh program ecek-ecek… hehe…
Ditengah-tengah kebingungan saya, akhirnya saya menemukan tulisan pemecahan yang logis, yang intinya mengatakan “MENGADU AJA KEPADA EMPUNYA”. Setelah itu saya pun mengikuti saran tersebut dengan cara chating dengan pihak “Yahoo Help Center”.
Tapi setelah itu disini saya
menemukan kebigungan lagi, karena saya disugihi pertanyaan-pertanyaan
yang berbahasa Inggris, sementara bahasa Inggris saya sangat-sangat
jwelek… hehe… akan tetapi karena saya penasaran, dengan terbata-bata
saya coba menjawab dan melakukan pertanyaan-pertanyaan, yang pada
akhirnya saya diberikan sebuah link pengaduan yang mendukung bahasa
Indonesia.
Setelah itu saya coba chating dengan berbahasa Indonesia,
akhirnya akun email teman dan kakak saya pun BERHASIL DIPULIHKAN…!
Berikut cuplikan percakapan terakhir saya…
CHAT
Dari kejadian di atas, saya pun merasa puas terhadap pelayanan yahoo,
padahal akun yang saya coba pulihkan merupakan akun gratisan…
Oleh
karena itu saya sarankan jangan sekali-kali mempercayai
software-software yang menawarkan bisa menjebol Email Yahoo, lebih baik
ikuti saja pengalaman saya ini…!
Opps… sampai lupa menjelaskan caranya… hehe
Opps… sampai lupa menjelaskan caranya… hehe
Baik berikut langkah-langkah mengatasinya :
1. Kunjungi Yahoo! Help | Customer Care
2. Tentukan/Select a product dengan (Yahoo! Account)
3. Tentukan/Select a category (Password and sign in)
4. Tentukan/Select a sub-category (forgot my secret questions & answers)
5. Klik “Chat with a Support Agent online”
3. Tentukan/Select a category (Password and sign in)
4. Tentukan/Select a sub-category (forgot my secret questions & answers)
5. Klik “Chat with a Support Agent online”
6. Klik Chat button appears (gbr di samping pastikan online)
7. Tuliskan deskripsi singkat Anda
8. Lakukan chatting
9. Ikuti perintah-perintah yang diberikan
10. Setelah berhasil login, silahkan isi survey yang mengungkapkan kepuasan anda
7. Tuliskan deskripsi singkat Anda
8. Lakukan chatting
9. Ikuti perintah-perintah yang diberikan
10. Setelah berhasil login, silahkan isi survey yang mengungkapkan kepuasan anda
Catatan :
- Siapkan akun email selain yahoo (misal gmail)
- Siapkan akun email selain yahoo (misal gmail)
Selanjutnya usahakan lakukanlah login ke
akun Anda maksimal 1 bulan sekali, supaya kejadian tersebut di atas
tidak terulang kembali.
Demikian, semoga bisa memberikan pencerahan dan bermanfaat….!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berilah Komentar, Dan Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan...
Artikel ini telah saya Kunci, kalau Anda membutuhkannya, Silahkan Anda Komentari dan Artikel Ini akan saya Buka Kembali...