Selamat Datang, Semoga Bermanfaat dan Anda Senang dengan Blog Ini... Thank You

Berbicara Tentang Macromedia Dreamwaver


Untuk mempelajari pemrograman web, kita membutuhkan software yang bisa dipakai untuk menulis perintah-perintah kode. Macromedia Dreamweaver 8 adalah salah satu solusinya. Software ini bisa digunakan untuk menulis script CSS, HTML, PHP, JavaScript, dan lain sebagainya. Selain itu, software ini membutuhkan memori yang sedikit, sehingga ringan digunakan. Ukurannya juga kecil, hanya 60MBan! Meskipun macromedia sudah tidak lagi berjalan, dan produk ini akhirnya diteruskan oleh Adobe. Tapi masih banyak programmer yang
memakai Macromedia Dreamwaver.

Macromedia Dreamweaver adalah sebuah HTML editor profesional untuk mendesain secara visual dan mengelola situs atau halaman web. Saat ini terdapat software dari kelompok Macromedia yang belakangan banyak digunakan untuk mendesain suatu situs Web. Versi terbaru dari Macromedia Dreamweaver saat ini adalah Dreamweaver 8. Pada Dreamweaver 8, terdapat beberapa kemampuan bukan hanya sebagai software untuk desain web saja, tetapi juga untuk menyunting kode serta pembuatan aplikasi web dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman Web, antara lain JPS, PHP, ASP, dan ColdFusion.

Dreamweaver merupakan software utama yang digunakan oleh Web desainer maupun Web programmer dalam mengembangkan suatu situs Web. Hal ini disebabkan ruang kerja, fasilitas, dan kemampuan Dreamweaver yang mampu meningkatkan produktivitas dan efektivitas dalam desain maupun membangun suatu situs Web. Dreamweaver juga dilengkapi dengan fasilitas untuk manajemen situs yang cukup lengkap.

Fasilitas penyuntingan secara visual dari Dramweaver 8 memungkinkan Anda menambah desain dan fungsionalitas halaman-halaman Web. Anda dapat membuat dan mengedit image dalam Macromedia Firework. Selain itu, Anda dapat menambahkan objek Flash ke dalam Dreamweaver 8.

Macromedia Dreamweaver 8 merupakan alat desain web komprehensif yang disukai oleh para profesional web, tapi cukup mudah untuk web designer awal untuk menggunakan juga. Dreamweaver menggunakan WYSIWYG (apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan) merancang antarmuka yang membuat halaman web semudah mengetik dokumen ke dalam pengolah kata. Program ini juga menawarkan kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan kode halaman web bagi mereka yang nyaman dengan HTML. Intuitif menu, panel dan toolbar memungkinkan pemula dan para pakar untuk menambahkan fitur-fitur canggih ke situs Web mereka dengan mudah.

saat ini, banyak sekali program editor yang bersifat WYSIWYG untuk membuat sebuah halaman web. Dua yang populer adalah Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver. Kali ini saya akan membahas mengenai Macromedia Dreamweaver saja. Macromedia Dreamweaver adalah program untuk membuat halaman web atau dokumen web. Berbicara dokumen web disini adalah dokumen php dan html. Hal pertama yang harus anda lakukan sudah jelas, yaitu, software Macromedia Dreamweaver harus terinstal dikomputer anda.

anda bisa melihat tampilan Macromedia Dreamweaver awal web RielDam Sentrajava dengan mengamati gambar dibawah ini.
*Kalau Anda mau dan punya keinginan membuat web yang bagus dan menarik, tetaplah mengunjungi blog ini...

Keunggulan Dreamweaver
Dreamweaver mempunyai keunggulan dibandingan program sejenisnya antara lain :
• Dreamweaver mempunyai ruang kerja, fasilitas, dan kemampuan yang mampu meningkatkan produktifitas dan efektifitas dalam desain maupun membangun suatu situs Web.
• Fasilitas penyuntingan secara visual dari Dreamweaver memungkinkan untuk menambah desain dan fungsionalitas halaman-halaman Web.
• Pada Dreamweaver 8 terdapat beberapa kemampuan bukan hanya sebagai software untuk mendesain web saja, tetapi juga untuk menyuting kode serta pembuatan aplikasi Web, antara lain JPS, PHP, ASP, dan ColdFusion.
• Lebih mudah dan cepat dalam mendesain web karena tidak perlu harus menuliskan tag-tag html.

Ada beberapa tambahan menu/fitur pada bagian application... yaitu XSL Transformation. bagian icon desig juga ada menu PHP... isinya berupa menu include, echo, Form Variables, Url Variables, IF n Else... dan lain sebagainya yang medasar ttg PHP.

Pada bagian coding dipermudah dengan penulisan tag ….. misalnya pada saat kita ngetik , terus kita ketik lagi . Penambahan sesuai dengan tag sebelumnya. Ada autocomplete yang cukup lengkap, ada referensi syntax html ,css, php, java script, dsb. Find dan Replace yang canggih, banyak filternya ada fitur semacam validator Ada fitur link checker memudahkan kita mencari broken link manejemen file website juga bagus (site manager) bisa buat snippet fungsi cssnya yang jauh teroganisirdibandingkan mx 2004.
Semoga Bermanfaat...Jangan Lupa Komentar ??? ... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah Komentar, Dan Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan...
Artikel ini telah saya Kunci, kalau Anda membutuhkannya, Silahkan Anda Komentari dan Artikel Ini akan saya Buka Kembali...